Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Permainan Tenis Meja


Tennis meja merupakan suatu olahraga yang dimainkan didalam gedung(indoor game) oleh dua atau empat orang. Pada permainan ini digunakan bet dari kayu yang dilapisi karet untuk memukul bola melewati net yang digantngkan diatas meja dan dikaikan pada dua tiang net.


 Teknik permainan tennis meja


 a. Teknik memegang bet
     1. Shakehands grip
Cara memegang shakehands grip adalah cara memegang yang paling multigun,paling   terkenal dan paling disarankan. Cara ini paling cocok untuk backhand.
2.     Penhold grip
Pegangan ini sangant cocok untuk pukulan forehand,tetapi lemah dalam backhand. Pegangan ini sangant baik bagi pemain yang dapat menggerakkan kai dengan cepat,karena oemain yang menggunakan penhold grip sering terpaksa melkukan pukulan forehand dari sisi backhand untuk menutupi klemahan backhand.                                          
b. Servis
Servis adalah pukulan pertama yang dilaukan oleh server.pukulan ini dimulai dengan bola yang dilambungkan keatas dari telapak tangan yand terbuka dan kemudian dipukul dengan bet. Servis adalah kesempatan pertama untuk menguasai prmainan dan memegang inisiaif.
1. Servis Topspin
Servis topspin memungkinkan anda melakukan servis lebih cepat dari servis lainnya. Servis topspin dapat dillakukan dengan sangat cepat pada setiap bagian meja pada setiap bagian meja,dan pukulan ini sering memaksa lawan memberikan bola tinggi. Kecepatan servis topspin tergantung pada perkenaan bola menyerempet atau memukulnya mendatar . untuk spin yang maksimum,pukul bola dengan gerakan meneyerempet dari arh atas. Untuk kecepatan yang maksimum,lakukan servis menyilang agar bola mempunyai lebih banyak waktu sebelum jatuh.
         
 2. Servis backspin
Servis backspin memungkinkan anda melakukan servis lebih cepat dari servis lainnya. Servis backspin dapat dillakukan dengan sangat cepat pada setiap bagian meja pada setiap bagian meja,dan pukulan ini sering memaksa lawan memberikan bola tinggi. Kecepatan servis backcpin tergantung pada perkenaan bola menyerempet atau memukulnya mendatar . untuk spin yang maksimum,pukul bola dengan gerakan meneyerempet dari arah atas. Untuk kecepatan yang maksimum,lakukan servis menyilang agar bola mempunyai lebih banyak waktu sebelum jatuh.
   c. Memukul bola
      1. Push (mendorong).
         a. Push forehand
         b. Push backhand
      2. Pukulan kontra serangan
         a. Pukulan kontra serangan forehand
         b. Pukulan kontra serangan backhand
      3. Looping
            Looping mungkin merupakan pukulan yang paling penting dalm tennis meja. Loopadalah pukulan topspin yang sangant keras yang silakukan hanya dengan meyerempet bola kearah ats dan kedepan. Looping terdiri dari
         a. Looping forehand
         b. Looping backhand
      4. Bloking
            Blok adalah cara yang paling sederhana untuk mengembalikan pukulan yang keras.blok lebih sedrhana dari pukulan,untuk itu kebanyakan pelatih mengajarkan blok terlebih dahulu daripada pukulan. Blok dapat dilakukan baik dengan forehand maupun backhand.
         a. Pukulan forehand-block
         b. Pukulan backhand-block
      5. Chopping
            chopping adalh pengembalian pukulan backspin yang sifatnya bertahan. Kebanyakan pemain yang menggunakan chop mundur sekitar 5 hingga 15 kaki dari meja,menegembalikan bola rendah denganmenggunakan backspin . pukulan chopping akan mmbantu sebagai variasi walupun hanya menggunakan sekali-sekali.
        a. Chop forehand
         b. Chop backhand

demikian sekilas tentang permainan tenis meja terima kasih

Tag(s) : #olahraga
Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe: